Jumat, 27 Desember 2013

CONTOH HASIL PENELITIAN RIJAL HADITS

HASIL PENELITIAN RIJAL HADITS 


Teks Hadits dan Terjemahannya

705 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ حَدَّثَنَا شَرِيكٌ عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ  :
كَانَ بِلَالٌ لَا يُؤَخِّرُ الْأَذَانَ عَنْ الْوَقْتِ وَرُبَّمَا أَخَّرَ الْإِقَامَةَ شَيْئًا[1]
Artinya :
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Dawud berkata, telah menceritakan kepada kami Syarik dari Simak bin Harb dari Jabir bin Samurah ia berkata; "Bilal adalah orang yang tidak mengakhirkan adzan dari waktunya, dan terkadang dia mengakhirkan iqamah beberapa saat.“ (HR. Ibnu Majah : 705)[2]

Untuk melihat keshahihan sebuah Hadits, kaidah Ilmu Hadits menyatakan bahwa yang pertama kali peril diteliti adalah sanadnya. Bila sanadnya dinyatakan shahih, barulah matan-nya bias diperhatikan. Bila tidak, maka matannya dipandang tidak shahih lagi. Untuk menguji keshahihan sanad Hadits diatas, berikut ini akan ditelusuri identitas para perawinya. Sample yang diambil adalah jalur: Nabi Muhammad SAW        Jabir bin Samurah       Simak bin Harb        Syarik        Abu Dawud        Muhammad bin Al Mutsanna      Ibnu Majah. Berikut ini identitas orang – orang yang meriwayatkan dari jalur tersebut.
Berikut daftar para periwayat Haditsnya

1.      Jabir bin Samrah ( w. 73 / 74 H )

Nama lengkap beliau Jabir bin Samrah bin Janadah bin ‘Amru, nama masyhur beliau jabir bin Samrah al ‘Amir dengan julukannya Abu ‘Abdullah atau Abu Khalid, beliau dari kalangan Sahabat beliau hidup di Kufah dan wafat di Basyrah sekitar tahun 73 H, namun ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa beliau wafat pada tahun 74 H[3].
Beliau berguru kepada Rasulullah Muhammad SAW, namun selain itu beliau juga berguru kepada antara lain diantaranya Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib, Sa’id bin Abi Waqash, Abdulah bin Abbas, dan Samrah bin Janadah as Sawani (Ayahnya). Sedangkan murid-murid beliau Ja’far bin Abi Tsaur, Sulaiman bin Mahran, Simak bin Harb[4], Amir bin Sa’ad, dan Abdul Malik bin ‘Amir[5].
Kritik Ulama Hadits terhadap beliau adalah kebanyakan Ulama menyatakan bahwa beliau dari kalangan Sahabat, diantaranya adalah Abu Hatim ar Razi, Ibnu Hajar al Atsqalani, dan Abu Hatim bin Hibban.

2.      Simak bin Harb ( w. 123 H )

Nama lengkap beliau Simak bin Harb bin Aus bin Khalid bin Nizar bin Muawiyah bin Haritsah bin Rabi’ah bin ‘Amir bin Dzuhli bin Tsa’labah az Dzuhli al Bakri[6], beliau Masyhur dengan nama Simak bin Harb az Dzuhli, julukannya Abu Al Mughirah, beliau seorang Tabi’in kalangan biasa. Negeri semasa hidup beliau adalah di Kufah. Beliau wafat pada tahun 123 H.
Guru-guru beliau adalah al Qasim bin Abdurrahman, Jabir bin Samrah, Ja’far bin Abi Tsaur, Khalid bin ‘Amir, dan ‘Abdullah bin Ja’far. Sedangkan orang-orang yang berguru kepada beliau adalah Hasan bin Musa, Syarik bin 'Abdullah al Qadhi, Syu’aib bin Khalid, Daud bin Yazid, dan Hakim bin ‘Amir[7].
Kritik ulama terhadap beliau : Yahya bin Ma’in menyebutkan bahwa beliau seorang yang Tsiqah, Abu Hatim ar- Rozy dan an- Nasa’I menyebutkan beliau Tsiqah[8], Adz- Dzahabi menuturkan bahwa beliau Tsiqah, Namun berbeda dengan yang lain Ibnu Hibban mengatakan bahwa beliau Banyak Salah (يخطئ خطئا كثيرا. )[9]

3.      Syarik ( 95 H – 177 H )

Nama lengkap beliau adalah Syarik bin 'Abdullah al Qadhi[10]. Laqab beliau adalah Ibnu Abi Syarik beliau dari kalangan Tabiut Tabi’in. Beliau hidup di Kufah lahir pada tahun 95 H[11] dan beliau wafat pada tahun 177 H[12].
Guru-guru beliau dalam studi Hadits adalah Hamid bin Hilal, Ja’far as Shadieq, Simak bin Harb, Jarier bin Abdul Hamid, dan Husain al Kufiy. Sedangkan murid-murid beliau adalah Abu Daud at Thayalisi, Sulaiman bi Bilal, Salam bin Salim al Hanafi, Abdurrahman bin Syarik, dan Abdullah bin Mubarok[13].
Kritik ulama Hadits terhadap beliau : Ahmad bin Hambal dan Abu Hatim mengatakan bahwa beliau Shaduq, Yahya bin Ma’in juga berpendapat bahwa beliau Shaduq Tsiqah, sedangkan Ibnu Hajar al-Atsqalany mengatakan bahwa beliau "Shaduq, terdapat kesalahan"[14].
4.      Abu Daud ( 131 H – 203 H )

Nama lengkap beliau adalah Sulaiman bin Daud bin Al Jarud, beliau masyhur dengan nama Abu Daud at Thayalisi[15], julukannya Abu Daud, beliau merupakan seorang Tabi’ut Tabi’in dari kalangan biasa. Negeri semasa hidup beliau adalah di Basyrah dan beliau lahir pada tahun 131 H dan wafat pada tahun 203 H, namun ada juga yang mengatakan beliau wafat pada tahun 204 H.
Guru – guru beliau diantara lain adalah Syarik bin 'Abdullah al Qadhi, Salam bin Salim at Tamimi, Sa’id bin ‘Abdul ‘Azis, Sa’id bin ‘Abdurrahman, dan Ja’far bin Zubair. Sedangkan Murid-murid beliau antara lain adalah Muhammad bin al Mutsanna al ‘Anazi[16], Muhammad bin Idris, Muhammad bin Ja’far, Ziyad bin Yahya dan Ibrahim bin Ziyad al Baghdadi[17]
Kritik ulama Hadits terhadap beliau adalah : Ahmad bin Hambal mengatakan bahwa beliau adalah seorang yang Tsiqah Shaduq[18], Yahya bin Ma’in mengatakan bahwa beliau Shaduq, Al- Ajli’ mengatakan bahwa beliau itu Tsiqah dan banyak hafalannya, dan yang terakhir yaitu Adz Dzahabi menuturkan bahwa beliau seorang Al Hafidz.

5.      Muhammad bin al- Mutsanna ( 167 H – 252 H )

Nama lengkap beliau Muhammad bin al Mutsanna bin 'Ubaid bin Qois bin Dinar, nama Masyhur beliau adalah Muhammad bin al Mutsanna al ‘Anazi[19], dengan kuniyahnya adalah Abu Musa, beliau adalah seorang Tabi’ul Atba’ kalangan tua, beliau lahir pada tahun 167 H dan negeri semasa hidup beliau itu di Basyrah dan beliau wafat pada tahun 252 H[20] tepatnya ketika beliau berumur 85 tahun[21].
Guru-guru beliau adalah Abdurrahman bin Mubarak, Abdullah bin Idris al ‘Audi, Muhammad bin Abi Hamid al Anshari,  Abu Daud at Thayalisi, dan Musa bin Mas’ud. Sedangkan Murid-murid beliau adalah Muhammad bin Jarir ath Thobari, Muhammad bin ‘Isa at Tirmidzi, Muhammad bin Harun al Jauhari, Abu Abdullah ar Rib’I (Ibnu Majah), dan Muhammad bin Yahya al Baghdadi[22].
Kritik ulama Hadits terhadap beliau adalah : Yahya bin Ma’in mengatakan bahwa beliau itu Tsiqah, Abu Hatim mengatakan beliau Shalihul Hadits, Maslamah bin Qasim mengatakan beliau Tsiqah Masyhur dan juga Huffadz, Adz Dzahabi mengatakan beliau Tsiqah dan yang terakhir Ibnu Hajar al Asqalani mengatakan bahwa beliau Tsiqah Tsabit[23].

6.      Ibnu Majah ( 209 H – 273 H )

Nama lengkap beliau Muhammad bin Yazid bin Mâjah al Qazwînî,[24] julukannya Abu ‘Abdullâh, nasab beliau 1. Ar Rib’I; merupakan nisbah wala` kepada Rabi’ah, yaitu satu kabilah arab. 2. al Qazwînî adalah nisbah kepada Qazwîn yaitu nisbah kepada salah satu kota yang terkenal di kawasan ‘Iraq.
Ibnu Majah menuturkan tentang dirinya; "aku dilahirkan pada tahun 209 H / 284 M[25]. Masa pertumbuhan beliau berada di Qazwin. Maka Qazwin merupakan tempat lahir dan tinggal beliau. Beliau meninggal pada hari senin, tanggal 22 Ramadhan 273 H / 887 M[26]. Dimakamkan esok harinya pada hari selasa[27] ditanah kelahiran beliau di Qazwin, Iraq[28]. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan keridhaan-Nya kepada beliau.
Persaksian para ulama terhadap beliau :
Al HafizhAl Khalili menuturkan; “(Ibnu Majah) adalah seorang yang tsiqah kabir, muttafaq ‘alaih, dapat di jadikan sebagai hujjah, memiliki pengetahuan yang mendalam dalam masalah hadits, dan hafalan.” [29]
Al Hafizh Adz Dzahabi menuturkan; "(Ibnu Majah) adalah seorang hafizh yang agung, hujjah dan ahli tafsir."
Al Mizzi menuturkan; “(Ibnu Majah) adalah seorang hafizh, pemilik kitab as sunan dan beberapa hasil karya yang bermanfa’at.”
Ibnu Katsîr menuturkan: “Ibnu Majah adalah pemilik kitab as Sunnan yang Masyhur. Ini menunjukkan ‘amalnya, ‘ilmunya, keluasan pengetahuannya dan kedalamannya dalam hadits serta ittibâ’nya terhadap Sunnah dalam hal perkara-perakra dasar maupun cabang. Kitabnya terdiri dari 150 bab, 4.000 hadits, semuanya baik kecuali sedikit saja”.[30]

Dengan melihat analisa sanad hadits diatas, dapat dilihat bahwa hampir seluruh periwayat hadits dalam sanad Ibnu Majah diatas bersifat Tsiqah, namun ada dua orang  periwayat yang dikritik yaitu Simak bin Harb dan Syarik bin 'Abdullah al Qadhi yang menurut ulama bahwa mereka shaduq tapi memiliki kesalahan, dapat juga diketahui bahwa sanad hadits diatas bersambung dari sumber hadits yakni Rasulullah Muhammad SAW sampai kepada periwayat terakhir Imam Ibnu Majah yang sekaligus sebagai Mukharrij al- Hadits. Hal ini berarti sanad Hadits yang diteliti, sanad Hadits tentang “As- Sunnah fil Adzan” yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah berkualitas Hasan.



[1] Al- Qozawaini, Muhammad bin Yazid Abu Abdullah, Tahqiq : Muhammad Fuad Abdul Baqie’ “Sunan Ibnu Majah” ( Beirut : Daar el Fikr ) juz 1 hlm. 236, Lihat Software Maktabah Syamilah “Sunan Ibnu Majah” bab As- Sunnah fil Adzan Juz 2 nomer Hadits 705. Hlm 412, Software Gawami’ul Kalim, Lidwa Pusaka, dan Mausu’ah Hadits asy- Syarif.
[2] Lihat Software Lidwa Pustaka “Kitab Sembilan Imam” Sunan Ibnu Majah Kitab Adzan dan Sunnah yang ada didalamnya  Bab Sunnah dalam Adzan nomer Hadits 705
[3] Lihat Software Maktabah Syamilah “Tahzibul Kamal fi Asma’I Rijal” Juz 4 hlm 439
[4] Abdurrahman bin Abi Hatim “al- Jarh wa at- Ta’dil” (Beirut : Daar Ihya’I at- Turats al- ‘Araby: 1271/1952) Juz 2, hlm. 475
[5] Lihat Software Gawami’ul Kalim (nomer rawi : 9953) dan Tahzibul Kamal (nomer rawi : 867)
[6] Ahmad bin Ali bin Hajar Abu Fadl al-Asqalani al-Syafii, “Tahzib al- Tahzib”, juz 4, hlm. 232
[7] Lihat Software Gawami’ul Kalim (nomer rawi : 18560) dan Tahzibul Kamal (nomer rawi : 2579)
[8] Ahmad bin Ali bin Hajar Abu Fadl al-Asqalani al-Syafii, “Tahzib al- Tahzib”, juz 1, hlm. 355
[9] Lihat Software Maktabah Syamilah, “Ikmal at- Tahzib al- Kamal”, juz. 6, hlm. 110
[10] Adz- Dzahaby, Syamsuddin Muhammad bin Ahmad, “al- Muqtana fi Sardi al- Kunyi” Tahqiq : Muhammad Shalih Abdul ‘Aziz (Madinah : Muthoba’ah al- Jami’ah al- Islamiyyah : 1408) Juz 1, hlm. 356
[11] Ar- Rib’I, Muhammad bin Abdullah bin Ahmad bin Sulaiman bin Zabir “Mauludi al- ‘Ulama wa Wafayatuhum” (Riyadh : Daar al- ‘Asimah: 1410) Cet. 1, Juz. 1, hlm. 227
[12] Al- Ja’fiy, Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Abu Abdullah al- Bukhari, “at- Tarikh al- Kabir” (Beirut : Daar el- Fikr) Juz 4, hlm. 237
[13] Lihat Software Gawami’ul Kalim (nomer rawi : 19163) dan Tahzibul Kamal (nomer rawi : 2736)
[14] Lihat Software Mausu’ah Hadits asy- Syarif
[15] Al- Baghdadi, Ahmad bin Ali Abu Bakr al- Khatib “Tarikh Baghdad” (Beirut: Daar el- Kitab al- Ilmiyyah) Juz. 9, hlm. 24
[16] Al- Baghdadi, Ahmad bin Ali Abu Bakr al- Khatib “Tarikh Baghdad” Juz. 9, hlm. 24
[17] Lihat Software Gawami’ul Kalim (nomer rawi : 18299) dan Tahzibul Kamal (nomer rawi : 2507)
[18] Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal “Kitab Bahri ad- Dam” (Riyadh: Daar ar- Rayah : 1989) Juz. 1, hlm. 186
[19] Adz- Dzahaby, Syamsuddin Muhammad bin Ahmad, “al- Muqtana fi Sardi al- Kunyi” Tahqiq : Muhammad Shalih Abdul ‘Aziz. Juz 2, hlm. 105
[20] Lihat Software Mausu’ah al- Hadits asy- Syarif
[21] Lihat Software Gawami’ul Kalim (nomer rawi : 38043) dan Tahzibul Kamal (nomer rawi : 5579)
[22] Lihat Software Gawami’ul Kalim (nomer rawi : 38043) dan Tahzibul Kamal (nomer rawi : 5579)
[23] Lihat Software Mausu’ah al- Hadits asy- Syarif dan Lihat Software Gawami’ul Kalim (nomer rawi : 38043) dan Tahzibul Kamal (nomer rawi : 5579)
[24] Ambara, Iqbal M, Teguh Sutanto “Tokoh-tokoh Super Inspiratif Pewaris Nabi SAW” (Yogyakarta : Sabil : 2012) hlm. 179
[25] Ambara, Iqbal M, Teguh Sutanto “Tokoh-tokoh Super Inspiratif Pewaris Nabi SAW” hlm. 179
[26] Ambara, Iqbal M, Teguh Sutanto “Tokoh-tokoh Super Inspiratif Pewaris Nabi SAW” hlm. 180
[27] Lihat Software Lidwa Pustaka “Kitab Sembilan Imam” Biografi Imam Ibnu Majah
[28] Ambara, Iqbal M, Teguh Sutanto “Tokoh-tokoh Super Inspiratif Pewaris Nabi SAW” hlm. 180
[29] Lihat Software Lidwa Pustaka “Kitab Sembilan Imam” Biografi Imam Ibnu Majah
[30] Disalin dari riwayat Ibnu Majah dalam Tarikh Ibnu Katsir 11: 66,67 diakses dari http://artikelassunnah.blogspot.com/2010/01/biografi-ibnu-majah.html pada jam 22.58 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar